Terupdate

KAI Logistik Perkenalkan Inovasi Angkutan Batu Bara Ramah Lingkungan, Kayak Gimana?

Perhelatan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, menjadi ajang penting bagi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Logistik dalam memperkenalkan inovasi angkutan batu bara yang ramah lingkungan. Konferensi ini berlangsung sejak 2 September 2024 dengan tema “Driving Sustainability with Digital Innovation”, dihadiri oleh delapan operator kereta api dari Asia Tenggara.

Pada kesempatan ini, KAI Logistik menonjolkan layanan unggulannya dalam pengelolaan angkutan batu bara yang menggunakan teknologi modern. VP of Corporate Secretary KAI Logistik, Dwi Wulandari menjelaskan bahwa pengelolaan batu bara kini menggunakan infrastruktur conveyor belt system yang terintegrasi dengan shiploader.

Inovasi ini memungkinkan pemuatan batu bara ke tongkang hanya dalam 5-6 jam, jauh lebih efisien dibandingkan penggunaan dump truck yang memakan waktu hingga 30 jam.

Angkutan Batu Bara Dukung Keberlanjutan Lingkungan

Sistem baru ini tidak hanya mempercepat proses pemuatan, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan emisi karbon yang dihasilkan oleh operasional dump truck. Dengan demikian, infrastruktur ini mendukung prinsip keberlanjutan yang diusung dalam tema ARCEOs’ tahun ini.

Efisiensi waktu dan penurunan dampak lingkungan menjadikan inovasi angkutan batu bara ini sebagai terobosan penting bagi KAI Logistik.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap inisiatif keberlanjutan, KAI Logistik menerima penghargaan TOP CSR Awards 2024 dari TOP Business dalam kategori TOP CSR Awards 2024 on # Stars 4 dan Top Leader on CSR Commitment 2024. Penghargaan ini menunjukkan komitmen KAI Logistik dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan yang sejalan dengan konsep Environmental, Social, and Governance (ESG).

Selain inovasi dalam angkutan batu bara, KAI Logistik juga memperkenalkan layanan unggulan lainnya, seperti angkutan limbah B3. Layanan ini menawarkan kecepatan, keamanan, dan keselamatan dalam pengangkutan limbah berbahaya, dengan pengawasan ketat di empat titik pemeriksaan untuk memastikan tidak adanya kebocoran muatan.

Layanan ini telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Kementerian Perhubungan RI.

KAI Logistik juga terus melakukan digitalisasi layanan melalui aplikasi KAI Logistik TRAX, yang memungkinkan pelanggan untuk memesan layanan, melakukan pelacakan secara real-time, serta pembayaran digital, meningkatkan kemudahan akses dan kenyamanan pelanggan.

Dengan berbagai inovasi ini, KAI Logistik menunjukkan komitmennya untuk mendukung keberlanjutan dan efisiensi di sektor angkutan, termasuk dalam pengelolaan angkutan batu bara.

Demikian informasi seputar angkutan batu bara yang berkelanjutan di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Mehranschool.Org.