Terupdate

Kerja Sama Transisi Energi: Indonesia dan China Pacu Dekarbonisasi Bareng-bareng!

Indonesia menjadikan China sebagai mitra prioritas dalam upaya kerja sama transisi energi untuk mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060. Dalam kerja sama ini, China berkomitmen mendukung pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Fungsional Diplomat Ahli Madya, Dino R. Kusnadi menegaskan bahwa kemitraan internasional sangat penting untuk mitigasi krisis iklim dan percepatan transisi energi.

Sebagai negara dengan asas bebas aktif, Indonesia memiliki fleksibilitas untuk memilih mitra kerja sama yang memberikan nilai tambah dalam teknologi, infrastruktur, dan perekonomian.

“China dan Indonesia memiliki hubungan kerja sama yang saling melengkapi. Indonesia adalah mitra prioritas China dalam pengembangan energi terbarukan,” ujar Dino, Rabu (25/9).

Manajer Program Diplomasi Iklim dan Energi IESR, Arief Rosadi, menyebutkan peluang besar bagi investasi energi terbarukan China di Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen China terhadap energi ramah lingkungan.

Kerja sama itu diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia dalam pengembangan energi terbarukan, dengan fokus pada teknologi tenaga surya dan angin.

Sejak 2006 hingga 2022, investasi China di sektor energi Indonesia mencapai Rp 93 triliun, dengan alokasi 14 persen untuk energi terbarukan. Menurut Arief, kerja sama dalam kerangka Belt and Road Initiative (BRI) semakin mempererat hubungan kedua negara.

“Kajian IESR menunjukkan bahwa Indonesia bisa mencapai nol emisi karbon pada 2050 dengan dukungan investasi sebesar US$1,3 triliun,” kata Arief.

Koordinator Proyek Transisi Energi Asia Tenggara IESR, Agung Marsallindo menambahkan bahwa investasi hijau China akan berfokus pada proyek energi terbarukan yang layak secara finansial. “Kerja sama ini dapat membuka peluang Indonesia sebagai hub manufaktur energi terbarukan di kawasan,” tuturnya.

Kolaborasi Indonesia-Tiongkok dalam transisi energi merupakan langkah penting untuk mewujudkan pembangunan hijau dan berkelanjutan, sekaligus memastikan proyek energi terbarukan yang bankable dan jangka panjang.

Demikian informasi seputar transisi energi di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Mehranschool.Org.