Properti Hunian Bali Bergairah, Tipe Ini Paling Laris Peminat

Mengalami masa sulit dan stagnan beberapa bulan terakhir, sektor properti hunian di Bali mulai menunjukan peningkatan. Data dari survey Harga Properti Residensial (SHPR) Primer Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali triwulan II 2018.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Azka Subhan A. menjelaskan, indeks harga properti residensial primer (IHPR) pada triwulan II 2018 tercatat sebesar 185,44, lebih tinggi dibanding triwulan lalu yang sebesar 185,23. Berdasarkan tipe rumah, peningkatan terutama terjadi pada rumah tipe kecil. Sedangkan tipe rumah menengah dan besar masih belum menunjukkan peningkatan.

Indikasi akselerasi juga terjadi pada pasar properti residensial sekunder. Pertumbuhan harga rumah sekunder di wilayah Denpasar dan sekitarnya mengalami kenaikan dari rata-rata 0,28 persen (yoy) pada triwulan sebelumnya, menjadi 0,74 persen (yoy) pada triwulan II 2018. Harga properti residensial di pasar primer pada triwulan III 2018 diperkirakan akan kembali menunjukkan peningkatan.

Berdasarkan tipe rumah, perkiraan peningkatan secara tahunan maupun triwulanan terutama didorong pada tipe kecil dengan tingkat pertumbuhan sebesar 0,04 persen (yoy) atau 3,94 persen (qtq). Diikuti oleh tipe menengah sebesar 0,01 persen (yoy) atau 1,25 persen (qtq) dan tipe besar 0,01 persen (yoy) atau 0,69 persen (qtq).

Salah satu indikasi mulai naiknyta SHPR terlihat dari keadaan ekonomi Bali mulai membaik secara menyeluruh. Salah satu indikasi lain yang mempelihatkan kenaikan properti hunian di Bali juga terlihat dari peningkatan penyaluran kredit untuk kepemilikan rumah (Kredit Kepemilikan Rumah) apartemen dan beberapa investasi properti unggulan seperti ruko selam 2 bulan terakhir.

Kredit KPR pada periode Mei dan Juni 2018 masing-masing tumbuh sebesar 6,12 persen (yoy) dan 6,64 persen (yoy). Secara nominal posisi penyaluran kredit tercatat sebesar Rp 9,70 miliar pada Mei 2018, dan sebesar Rp 9,75 miliar pada Juni 2018.

Dari sisi suku bunga, penurunan dan rendahnya suku bunga acuan BI 7-days Repo Rate sampai dengan awal Mei 2018 diikuti oleh tren penurunan suku bunga KPR. Pada Mei 2017, rata-rata tertimbang suku bunga KPR tercatat sebesar 11,7 persen untuk rumah tipe kecil (sampai dengan tipe 21) dan 11,05 persen untuk rumah tipe besar (diatas tipe 70).

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.