Ini Alasan Investasi Asing di Startup Berkembang Pesat

Startup atau perusahaan rintisan digital saat ini banyak ditemukan di Indonesia. Fenomena tersbut akibat dari kemajuan teknologi yang terus berkembang serta tuntutan dari masyarakata yang menginginkan segala sesuatunya menjadi lebih mudah.

Kesuksesan perusahaan startup tentunya tidak lepas dari nilai investasi dari para pemodal ventura. Bahkan hal tersebut memunculkan beberapa “Unicorn”, yakni gelar untuk perusahaan startup yang memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS dari Indonesia.

Menurut data riset yang dilakukaan Google Indonesia dan AT Kearney yang dirilis pada 2017 menunjukkan bahwa nilai investasi di bidang startup teknologi di Indonesia menempati posisi ketiga. Posisi tersebut setelah sektor migas, dengan total investasi yang masuk mencapai Rp 40 triliun di periode Januari hingga Agustus 2017.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan bahwa suntikan dana dari asing untuk sejumlah startup Indonesia dengan basis teknologi sepanjang tahun 2017 mencapai 4,8 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 64 triliun.

Sementara Independent Wealth Management Advisor serta Co-Founder dan Managing Partner Jagarth Advisors, Ari Adil mengungkapkan bahwa investor dari luar negeri sangat jeli melihat konsep bisnis yang diusung startup Indonesia.

Padahal seperti yang diketahui adalah startup sangat berbeda dengan perusahaan konvensional yang fokus terhadap profit. Sementara tren yang berkembang untuk startup adalah tren meruhi namuan terus mengejar ekpansi.

Mengapa tren merugi? Merunurt Ari, yang mereka kejar adalah valuasi. Indonesia didukung oleh makroekonomi, demografi, serta penetrasi para pengguna internet yang mencapai 54 persen. Hal ini yang menjadi banyak investor asing menanamkan uang di startup Indonesia karena pertumuhan ekonomi digital sangat pesat.

Selain itu, Ari juga menambahakan fenmena ekonomi berbagai yang diusung pada startup Unicorn Indonesia menjadi faktor pemicu untuk masuknya dana investasi yang nilainya fantastis.

Saat ini terdapat empat statup Unicorn Indonesia yang menjadi raksasa bisnis di luar negeri. Antara lain Go-Jek yang bergerak di bidang transportsi, Tokopedia dan Bukapalak yang bergerak di bidang marketplace, dan Traveloka yang bergerak dalam bidang traveling.

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.