Daftar Tiga Pengusaha Batubara Terkaya di Kalimantan, Siapakah Mereka?

Banyak orang penasaran tentang siapa pengusaha batubara terkaya di Kalimantan. Para pengusaha industri pertambangan ini banyak ditanyakan karena memang jarang tersorot media. Padahal kekayannya tak perlu diragukan lagi.

3 Pengusaha Batubara Terkaya di Kalimantan

  • Haji Isam

Haji Isam alias Andi Syamsuddin Arsyad merupakan pengusaha batubara kondang asal Kalimantan Selatan. Tak hanya bergerak di sektor batubara, Haji Isam juga memiliki bisnis di bidang transportasi darat, laut, dan udara.

Meski tidak berasal dari keluarga kaya, namun berkat kegigihan dan kerja kerasnya, mantan sopir truk pengangkut kayu ini mampu menjalani hobinya yang mahal, yakni off road serta mengoleksi mobil mewah. Tak hanya itu, Haji Isam juga memiliki rumah seluas 20 hektare.

Pendiri Jhonin Group ini disebut-sebut pernah meraup omset Rp 40 miliar per bulan.

  • Haji Ciut

Nama Haji Ciut mulai di sorot pasca muncul di pernikahan anaknya yang luar biasa heboh. Bagaimana tidak, dia menggelar resepsi pernikahan selama 10 hari dan mengundang penyanyi top Tanah Air seperi Rhoma Irama, Ayu Ting Ting, Afgan, Zaskia Gothic, Wali, Team Lo, dan masih banyak lagi.

Haji Ciut memiliki nama asli Muhammad Hatta. Dia merupakan bos di perusahaan batubara yang bernama PT Gunung Mulia Binuang. Selain itu, ia juga mempunyai perusahaan otomotif bernama PT Harapan Binuang Motor.

  • Haji Ijai

Pengusaha batubara terkaya di Kalimantan yang selanjutnya adalah Haji Ijai. Beliau merupakan adik kandung dari Haji Ciut.

Haji Ijai adalah pemimpin di sebuah perusahaan batubara bernama PT Batu Gunung Mulia yang kabarnya mampu memproduksi dua ton batubara dalam setahun.

Setelah izin pertambangan Batu Gunung Mulia habis pada tahun 2014, Haji Ijai dan Haji Ciut mendirikan PT Binuang Mitra Bersama.

Selain ketiga pengusaha di atas, Indonesia juga memiliki pengusaha sukses yang bergerak di bidang pertambangan, salah satunya adalah Tjandra Limanjaya. Beliau merupakan pengusaha yang sukses di berbagai bidang, seperti di sektor energi, pariwisata, dan lain sebagainya. 

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.