Resiko Investasi : Wajib Tahu Sebelum Berinvestasi

Investasi memang tidak jauh dari kata untung dan rugi, hal ini sejalan dan bisa dibilang berbanding lurus ketiak untung anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat-lipat, namun ketika rugi anda akan mengalami kerugian tak kalah besar.

Setiap produk dari investasi pasti memiliki potensi resiko, namun anda harus paham dengan konsep resiko dan beresiko secara keseluruhan dan detail.

Resiko investasi memang tidak bisa dihilangkan secaran keseluruhan, namun resiko bisa diminimalisir agar kerugian tidak terlalu besar.

Sebelum anda memulai untuk berinvestasi tidak ada salahnya jika anda untuk mempelajari dan mengetahui resiko investasi yang akan anda terima jika melakukan investasi.

– Resiko Inflasi

Inflasi sendiri merupakan kenaikan harga, resiko inflasi berkaitan dengan adanya potensi penurunan riil nilai pokok investasi dan hasil investasi.

Hal ini sangat harus dipahami oleh pelaku investasi, banyak sumber yang bisa dijadikan berita. Keadaan ekonomi global dan ekonomi dalam negeri juga sangat memengaruhi inflasi dan itu berimbas kepada pelaku investasi.

– Sulit Jual Produk Investasi

Resiko ini sangat erat kaitanya dengan investasi berupa property seperti rumah, gedung dan pertokoan atau ruko.

Banyak faktor pengaruh kenapa komoditi investasi tersebut sulit untuk dijual, selain market pasar yang lesu hal lain yang berkaitan erat adalah kondisi investasi tersebut.

Untuk rumah dan pertokoan berupa bangunan letak lokasi, kegunaan bangunan dan prospek kawasan sangan berpengaruh terhadap nilai jual dan bahkan permintaan komoditi investasi itu dijual.

– Resiko Bunga

Jika anda berinvestasi produk perbankan hal ini sangat harus anda ketahui seperti deposito. Resiko bunga berhubungan dengan peningkatan atau penurunan suku bunga yang memiliki dampak pada hasil investasi anda.

Di Indonesia suku bunga berkaitan erat dengan suku bunga  yang ditetapkan Bank Indonesia atai BI rate dan suku bunga SBI. Misal saat sekarang suku bunga di Indonesia mengalami kenaikan, sehingga bunga tabungan, deposito dan termasuk bunga pinjaman mengalami kenaikan.

Memang disisi lain investasi menjadi pilihan untuk mengamankan asset atau bahkan menambah asset yang kita miliki. Namun bukan berarti investasi semudah yang dibayangkan berkaitan dengan untung dan selalu untung.

Resiko selalu ada, dan untuk itulah mengetahui resiko investasi dan produk investasi menjadi hal wajib sebelum kita mantap berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.