Faktor Pengaruh Naik Turunya Harga Emas

Emas menjadi salah satu komoditi unggulan di berbagai investasi maupun barang yang bisa dibilang memiliki harga tinggi dikalangan masyarakat atau investor.

Naik turunnya harga emas juga sangat fluktuatif atau dalam kurun beberapa waktu bisa dibilang akan mengalami beberapa kali naik dan turun.

Hal ini memicu beberapa spekulasi di kalangan investor menjadikan emas sebagai komoditi investasi menggiurkan untuk mendulan keuntungan lebih.

Berbeda dengan investor, untuk kalangan masyarakat biasa emas menjadi sebuah gaya hidup atau tabungan jangkan panjang.

Bagi anda yang ingin membeli emas pastinya anda harus memutuskan untuk menjadi bagian dari yang mana, menjadi masyarakat biasa atau menjadi investor emas sebagai investasi.

Nah ini dia beberapa hal atau faktor yang bisa mempengaruhi naik dan turunya harga emas.

– Kurs

Kurs yang menjadi patokan utama adalah Dollar AS, paling mudah mengindikasikan bahwa jika Dollar mengalami peningkatan maka secara otomatis nilai emas akan turun. Sebaliknya jika Dollar melemah maka harga emas akan mengalami peningkatan.

– Situasi politik

Beberapa hari ini harga emas sempat mengalami kenaikan dann penurun secara berkala, dan salah satu indikasi kuat dipengaruhi beberapa kebijakan politik antara USA, China dan Rusia.

Amerika Serikat secara terang-terangan melakukan pemblokiran komoditi dagang dengan China hal ini membuat sentiment pasar dan membuat harga emas turun.

Kemudian keadaan Geo Politik di kawasan timur tengah membuat harga emas melonjak naik. Hal ini menunjukan bahwa kebijakan politik menjadi indikasi turun naiknya harga emas.

– Suplai dan Permintaan

Suplai dan Permintaan (supply and demand) dari emas adalah seperti kejadian pada pertengahan tahun 1980. Pada saat itu, penjualan forward oleh perusahaan pertambangan selalu dipersalahkan atas terjadinya kenaikan pada harga emas. Dalam kerangka bisnis, sebenarnya perilaku perusahaan pertambangan tersebut masuk akal. Dengan melakukan penjualan forward ketika harga emas menguat, mereka dapat mengamankan harga output tambang pada harga yang cukup menarik.

Memang bagi anda yang ingin membeli emas dan melakukan Investasi emas layaknya harus mengetahui beberapa faktor di pengaruh naik dan turunnya harga emas.

Hal ini bisa membuat anda menjadi salah satu investor atau pembeli emas yang bisa membeli emas secara bijak dan pastinya membeli dalam harga turun kemudian naik.

Tinggalkan Balasan

*