Industri Motor Custom Indonesia Tumbuh Kian Pesat

Industri motor custom Indonesia saat ini mulai berkembang. Ini terbukti dari banyaknya modifikator (builder) yang sudah tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, konsumen atau pengguna motor custom juga terus meningkat.

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang sangat aktif dalam modifikasi motor. Bahkan seperti yang diungkapkan Founder Cleveland CycleWerks, Scott Colosimo, saat ini Indonesia sudah dapat mengalahkan negara-negara maju seperti Amerika Serikat.

“Amerika Serikat hanya memiliki sejarah industri sepeda motor dan kelompok bikers”, ujar Scott.

Untuk urusan modifikasi, industri motor custom Indonesia cukup unik karena apa yang mereka custom menjadi sebuah seni yang tidak biasa. Kebebasan berekspresi dalam membangun motor sesuai dengan apa yang mereka inginkan .

Biasanya orang banyak melihat motor scrambler dengan nuansa tradisional, namun di Indonesia Anda akan menemukan bentuk yang benar-benar baru,unik, dan lebih modern.

Industri motor custom Indonesia berpotensi membuka segmen baru di dunia modifikasi mengingat banyaknya builder dari latar belakang belakang yang berbeda. Bahkan di daerah-daerah, industri motor custom dapat dikerjakan di rumah dengan bengkel yang sederhana. Meski demikian hasil yang didapat tidak kalah dengan bengkel modern di kota-kota besar.

Ada banyak konsep modifikasi yang dapat masuk dalam industri motor custom Indonesia seperti bobber, srambler, cruiser, chopper, dan sebagainya. Hampir setiap konsep modifikasi sepeda motor memiliki pasar sendiri.

Seperti beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi touring di wilayah Sukabumi menggunakan motor custom dengan konsep chopper. Motor yang digunakan adalah bermesin Royal Enfild Bullet 350 dibangun oleh Elders Garage dan KickAss Chooppers. Motor tersebut juga pernah dipamerkan pada ajang motor custom di Jepang. Lalu dibeli Presiden Jokowi seharga 140 juta rupiah.

Touring tersebut juga diramaikan komunitas motor custom serta Menteri Basuki dan Menteri Budi Karya. Menurut Presiden Jokowi, kegiatan tersebut juga merupakan apresiasi dan dukungan pemerintah terhadap industri motor custom Indonesia.

Menurut Founder Elders Garage Herett Prasetya, Presiden akan mewacanakan untuk memajukan industri ini. Dengan adanya dukungan dan apresiasi tersebut menjadikan semangat baru bagi para builder Tanah Air untuk bersaing dikancah internasional.

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.